16 Macam Mainan Anak High Technology, Modern 90-an


NINTENDO / SEGA


Masih ingat dengan mainan ini? Di era akhir 1980-an, dunia dilanda demam konsol game Nintendo Entertaiment System (NES) atau yang biasa disingkat Nintendo. Hampir semua kalangan menyukai perangkat berasal dari Jepang ini. Seiring dengan popularitas konsolnya, game-game di Nintendo pun menuai kesuksesan yang sama. 

Tidak hanya satu, tetapi puluhan judul game banyak dimainkan kala itu. Dari banyak judul game di Nintendo tersebut, ada beberapa yang selalu dikenang hingga saat ini, antara lain Mario Bros, Contra, Duck Hunt, Legend of Zelda dan tentunya masih banyak lainnya yang pembaca ketahui. 

(dikutip dari sumber terkait)

Nintendo


Sega Mega Drive adalah konsol permainan yang dirilis oleh Sega di Jepang pada tahun 1988 dengan kemampuan 16-bit dan dirilis di Amerika Utara pada tahun 1989 dengan nama Sega Genesis, sementara di Eropa dan tempat lainnya (termasuk indonesia) pada tahun 1990. 

Pada awal debutnya di Amerika Utara, konsol ini menggunakan nama Sega Genesis karena Sega gagal untuk mendapat lisensi untuk menggunakan nama Mega Drive di wilayah itu.
Sega Mega Drive adalah saingan dari Super Nintendo walaupun konsol ini dirilis dua tahun lebih awal. Konsol ini terjual mencapai puluhan juta juta unit. Adapun permainan video yang paling banyak terjual adalah Sonic the Hedgehog

(dikutip dari sumber terkait)

Mainan Modern 90an
Mainan Modern 90an

GAME WATCH / GIMBOT


Bego lu....bego lu.....!!!

Boleh juga lu...... !!!

Masih ingat kan teman-teman tentang kalimat itu? Benar sekali teman-teman. Game Watch atau lebih tenarnya gimbot adalah salah satu mainan elektronik canggih diawal '90-an. 

Memang tidak semua seri gimbot terdapat fitur suara tersebut. Dijaman penulis waktu itu hanya gimbot yang kita beli di mall atau toko mainan yang mayoritas memiliki fitur tersebut, sementara jika kita membelinya di pasar tradisional atau penjual keliling (bakul) tidak ada. Intinya fitur suara bukanlah alasan utama untuk memiliki gimbot pada waktu itu. 


Game Watch / Gimbot Game Watch / Gimbot


GAME BOY

Game Boy merupakan konsol permainan video yang dikembangkan dan diproduksi diedarkan pada tahun1989. Game Boy merupakan sistem game tangan kedua Nintendo setelah game dan watch yang diperkenalkan pada tahun 1980. Perancangnya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research & Development 1, yang juga merupakan perancang Game & Watch

Game Boy awalnya digabung dengan permainan puzzle dan tetris.Kita lebih mengenalnya dengan sebutan gimbot. Mungkin ini gadget tercanggih kita di zaman dulu. Mesin game portabel ini dulu cukup mahal dan nge-hits dengan game utamanya yaitu tetris. Dibandingkan dengan seri keluaran terbaru saat ini, perbedaannya sangat signifikan.  

(dikutip dari sumber terkait)

Game Boy

TAMAGOCHI

Tamagotchi (bahasa jepang: Tamagotch), adalah konsol permainan yang mudah dibawa. Ini diluncurkan oleh perusahan permainan Jepang, Bandai,pada tanggal 23 November tahun 1996 di Jepang. 

Tamagotchi menjadi sangat terkenal sehingga menjadi kejadian alam masyarakat sekitar tahun 1997. Asal namanya "telur (bahasa jepang: tamago)" dan "jam tangan (bahasa inggris: watch)".

Tamagotchi merupakan mainan virtual pet pertama yang langsung menjadi trend. Mainan lucu ini mengharuskan kita untuk memelihara bayi hewan atau manusia hingga dewasa. Kita harus bisa merawatnya dengan telaten agar bayi tersebut bisa tumbuh dewasa.

(dikutip dari sumber terkait)
Tamagochi


MOBIL R/C

Mobil R/C adalah mainan yang sangat umum di kalangan kita. R/C sendiri adalah kepanjangan dari Remote Control. Untuk dapat memainkannya yang kita perlukan adalah dengan mengendalikan tombol navigasi (maju - mundur, belok kiri - kanan) dari jarak jauh / dekat yang ada pada unit remote kontrol (Transmitter) pada tangan kita. 

Karena pada unit mobil terdapat rangkaian penerima signal (Receiver) dari remote, maka kendali tetap bisa kita lakukan tanpa menggerakkan mobil tersebut secara manual. 

Mainan ini terintegrasi dengan susunan rangkaian elektronika yang disuplai daya oleh baterai kering pada masing komponen. Yaitu komponen mobil dan remote control itu sendiri.


Mobil R/C


MOBIL GILA 

Perbedaan antara Mobil Gila dengan Mobil R/C terletak pada bentuk desain dari mainan tersebut. Mobil Gila dirancang untuk permainan out door dan segala medan. 

Kelebihan dari mainan ini adalah kemampuannya untuk bisa kembali ke posisi normal sesaat setelah jatuh / terguling karena menabrak sesuatu baik itu disengaja atau tidak oleh pemilik mainan. 

Pertama kali muncul di pasaran bentuknya rigid atau kaku seperti tank tempur atau kendaraan perang. 


Mobil Gila


JAM TANGAN ROBOT


Jam Tangan Robot

Keren..... kata itulah yang pertama kali muncul dalam benak penulis. Pada saat itu, lebih tepatnya kelas V SD mainan Jam Tangan Robot ini meng-gegerkan dunia anak-anak tanggung. 

Istilah itu penulis ambil karena pemiliknya jamak anak laki-laki berkisar umur belasan. Mainan yang muncul dalam mode dual function (robot dalam bentuk jam tangan) ini adalah mainan yang wajib dimiliki saat itu. 

Bila perlu mungkin akan menangis dan merengek-rengek supaya bisa dibelikan oleh orang tuanya. Ha...ha...ha.... memang konyol sekali bila mengingat masa-masa kecil kita. 


PANCINGAN IKAN


Pancingan IKan
Lain jam tangan robot, lain pula ceritanya mainan yang satu ini. Pancingan Ikan..... pokoknya joss deh. "Mainan Sejuta Umat" istilahnya, maksudnya umat anak-anak. 

Teman-teman pembaca pun akan tertawa geli melihat mainan ini. Blog yang membahas mainan manapun pasti akan menyertakan mainan yang satu ini. Sederhana, murah namun menghibur. Sampai saat inipun banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional penjuru negeri. 

Mungkin anak-anak dari sabang - merauke masih memainkannya. Cara memainkannya sangat mudah. Cukup nyalakan tombol power, ambil tongkat pancingnya....tarra.... memancing ikan pun tidak harus repot lagi untuk ke empang atau ke sungai. sip deh !!

BePe (baca: BP)


Boneka kertas atau di Indonesia lebih populer dengan istilah bongkar pasang (BP) adalah figur yang terbuat dari kertas, dengan pakaian terpisah, juga terbuat dari kertas,yang dapat dipasang ke boneka. Boneka kertas telah menjadi mainan murah selama hampir dua ratus tahun. 


Boneka Perempuan, BP


Di beberapa tempat lebih akrab disebut BP (Boneka Perempuan). Karena Barbie mungkin tergolong mahal, maka boneka kertas ini jadi salah satu alternatif dengan harganya yang murah. 

Boneka 2 dimensi ini bisa dibongkar pasang dengan macam-macam baju dan aksesoris lalu dimainkan beserta rumah-rumahannya. 

TAZOS


Tazo adalah piringan bulat, yang dapat ditemui di dalam kemasan makanan ruang yang dibuat oleh frito lay dan cabangnya di dunia. Ide dibuatnya Tazo mirip dengan Pog (mirip dengan Tazo, namun berbentuk tutup botol kemasan), dimana setiap tazo memiliki nilai sendiri, dan dimainkan untuk 'memenangi' tazo dari pemain lain.

Tazo telah diproduksi ke dalam beberapa bentuk pola, dimulai dari piringan bulat yang orisinil, sampai ke piringan segi-delapan, dan beberapa tahun kemudian menyerupai kartu koleksi. Sebagai bentuk tambahan dari Pog veri Jepang, beberapa seri Tazo dilengkapi dengan sedikit irisan dan torehan di ujungnya, memungkinkan pemain untuk menyatukannya dan membuat suatu bangunan.

Tazo biasanya terbuat plastik namun pd beberapa jenis dibuat dari alumunium.
Tazos juga menjadi salah satu mainan yang ngetrend di era 90-an. Anak-anak tahun 90-an akan rela membeli Chiki demi mengumpulkan sebanyak-banyaknya tazos dengan berbagai karakter kartun. 

Mainan ini kemudian bisa disusun dan dibongkar pasang sesuai kreatifitas masing-masing.Mainan apa lagi yang kamu sukai di era 90-an? Boleh dong teman-teman sebutin disini, kita bernostalgia bersama.

(dikutip dari sumber terkait)


Tazo

SEPATU RODA


Mainan yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing dengan kita semua. Secara harfiah kita bisa artikan Sepatu dan Roda. Dengan kata lain sepatu roda (Roller Skate) adalah gabungan dari sepatu dan roda yang dirancang sedemikian rupa untuk mendukung bentuk dan fungsinya. 

Sepatu Roda sangat populer di tahun '90-an, mulai dari usia anak lima tahun (alita) sampai dewasa sangat gandrung dengan permainan ini. Terlebih lagi pada kaum dewasa.Banyak kaum dewasa yang memanfaatkan permainan ini sebagai sarana interaksi sosial dengan sekitarnya. Saking populernya sampai-sampai diera itu muncul ide untuk membuat film yang berjudul "Olga dan Sepatu Roda" yang bergenre film fiksi dan diproduksi tahun 1991

Berawal dari cerpen karya Hilman Hariwijaya yang ditulis di majalah Mode dan dibukukan menjadi Olga. Saat ini desain sepatu roda telah banyak mengalami perubahan. Letak ke-empat rodanya pun tidak lagi seperti dulu yang berdampingan 2 buah di sisi kanan (depan & belakang) dan 2 buah lainnya di sisi kiri, akan tetapi ke-empat rodanya sejajar / segaris satu sama lainnya atau lebih dikenal dengan nama Inline Skate.

Sepatu Roda Modern, Inline Skate

Sepatu Roda Jadul, Roller Skate


BARBIE

Barbie, Boneka


Barbie adalah boneka yang diproduksi oleh perusahaan Amerika, Mattel, dan diperkenalkan pada Maret 1959. Pembuat boneka ini, Ruth Handler, mendapatkan inspirasi dari sebuah boneka asal Jerman yang bernama Bild Lilli

Saat ini barbie telah diproduksi dalam berbagai macam model. Dahulu mainan barbie hanya terjangkau untuk kalangan menengah keatas, namun saat ini mainan barbie sudah jamak dimiliki oleh setiap anak perempuan khususnya di indonesia.

PUZZLE


Puzzle, Mainan
Puzzle, Mainan
Puzzle dalam arti bahasa indonesia berarti Tebakanadalah sebuah mainan yang memberikan "masalah" atau "enigma" dalam bentuk pecahan, potongan / kepingan suatu objek sebagai suatu hiburan bagi pemain

Mainan ini bisa dimainkan oleh segala usia, mulai dari batita sampai dewasa. Umumnya setiap tingkatan usia akan memiliki bentuk dan tingkat kerumitan yang bervariasi. 

Puzzle untuk batita biasanya akan berbentuk objek yang sederhana seperti hewan, buah-buahan dan mobil. Jumlah kepingan dari objek tersebut pun tidak sama dengan level puzzle diatasnya. 

Mainan ini bersifat edukatif dan inovatif seiring dengan berkembangnya teknologi. 

KUBUS RUBIK

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, ErnÅ‘ Rubik

Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. 

Ketika terselesaikan / terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Rubik's, Kubus Rubik

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya

MONOPOLI


Monopoli, Mainan

Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.
Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

Pemenangnya adalah pemain yang bertahan sampai mainan berakhir tanpa mempunyai hutang kepada pemain yang lainnya. Berikut akumulasi sisa "uang", "properti", dan "surat-surat berharga" yang dimiliki para pemain. 

Bagaimana teman-teman, cukup seru juga kan topik artikel yang dibahas kali ini oleh penulis? Penulis berharap artikel ini pun bermanfaat untuk menambah informasi tentang Mainan Anak High Technology Modern "90-an dan sekaligus mengajak pembaca bernostalgia di masa-masa kecil kita. 

Harapan dari penulis supaya teman-teman pembaca juga bisa men-share kepada anak-cucu kita betapa berharganya masa kecil. Kritik dan saran dari teman-teman pembacalah yang akan membuat penulis untuk lebih kreatif dalam membuat artikel pada waktu yang akan datang.

Jangan lupa untuk subscribe dan mengisi alamat email pada kolom submit bagi yang ingin mengikuti update dari blog ini. 

Salam dolanan........

No comments

Powered by Blogger.